Komunikasi
adalah hal yang penting untuk kita semua. Tanpa ada komunikasi kita menjadi
sulit untuk berhubungan dengan orang orang di sekitar kita seperti teman, dan
keluarga. Di zaman modern seperti ini banyak alat untuk menunjang komunikasi
agar kita lebih cepat terhubung dengan orang lain, alat itu disebut dengan alat
telekomunikasi. Sekarang banyak sekali jenis dari alat komunikasi seperti pesawat
telpon dan internet seiring dengan perkembangan zaman pesawat telpon sudah
digantikan dengan handphone karena bentuknya yang kecil dan mudah di bawa
kemanapun tanpa menggunakan kabel telpon. Di kota besar seperti jakarta
handphone seperti barang wajib yang dimiliki oleh setiap orang untuk dapat
berkomunikasi. Bahkan akhir - akhir ini kebutuhan akan handphone meningkat
secara drastis setelah banyak bermunculan merk handphone yang menawarkan harga
yang cukup murah. Dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang
pemenuhan kebutuhan handphone karena sekarang pemenuhan akan handphone sedang
meningkat sesuai dengan fenomena yang terjadi saat ini.
Faktor
yang mempengaruhi
Ada 2 faktor yang mempengaruhi pemenuhan
kebutuhan handphone yaitu :
- Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, masyarakat
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi,psikografis, teknologi
1. Faktor mikro
- Perantara pemasaran
perantara pemasaran adalah perusahaan perusahaan
yang membantu perusahaan itu dalam promosi, penjualan dan distribusi
barang-barangnya kepada para pembeli terakhir. Mereka ini meliputi para
perantara, perusahaan distribusi fisik, lembaga-lembaga jasa pemasaran, dan
perantara bidang keuangan. Misalnya seperti provider kartu yang mempromosikan
merk handphone tertentu, agar masyarakat tertarik biasanya di berikan discount
pada setiap produk handphone yang di promosikannya.
- Pemasok
Pemasok adalah perusahaan – perusahaan dan
individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para
pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Contoh nya suatu produsen
handphone menunjuk PT. A untuk memasok
bahan dasar palstik. Jadi PT. A harus memasok plastik untuk sang produsen
Handphone.
- Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat,
baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup
lain dan tidak untuk diperdagangkan. Disini adalah tangan terakhir dimana
produk langsung diterima dan dipakai para pembeli nya.
2.
Faktor makro
- Demografi
Demografi berguna untuk mengidentifikasikan
karakteristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan potensial anda, dan
menetukan area geografis dimana mereka menetap. Informasi ini dapat digunakan
untuk usaha memasarkan produk anda. Artinya dengan memanfaatkan data demografi
anda dapat melakukan usaha pemasaran dengan maksimal.
- Psikografis
Adalah Cara memandang pasar berdasarkan
sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini
melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi
lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan
terhadap produk. Contoh nya orang orang disekitar si A sudah memakai smartphone
maka si A ikut mengganti HP yang di punya menjadi smartphone akibat orang di
sekitar nya.
- Teknologi
Perkembangan teknologi yang semakin jaman
semakin canggih juga dapat menjadi peluang untuk menarik pelanggan. Pelanggan
pasti akan mengikuti perkembangan teknologi agar lebih mudah melakukan
komunikasi. Contoh handphone semakin lama makin tergeser oleh smartphone karna
smartphone mempunyai fitur lebih di banding handphone biasa.
Faktor
pendukung
ada beberapa hal yang mendukung dalam proses
pemenuhan kebutuhan handphone antara lain:
- Kebutuhan masyarakat
Di zaman modern seperti ini kebutuhan untuk
saling berkomunikasi antar individu sangat lah penting bagi masyarakat kota.
Tak bisa di pungkiri seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi alat
komunikasi seperti handphone adalah alat yang sangat dibuthkan oleh
masyarakatuntuk berkomunikasi. Lama kelamaan ini akan menjadi suatu kebutuhan
bagi masyarakat umum khususnya masyarakat perkotaan mengingat sangat penting
nya komunikasi diantara mereka, hal ini akan mendorong seseorang untuk membeli
produk ini.
- Fungsi dan Efisiensi
Dalam perkembangan nya komunikasi bisa terjadi
dimana saja dan kapan saja oleh karna itu diperlukanlah alat telekomunikasi
yang bisa di bawa kemana saja karena kita tidak bisa membawa pesawat telpon
kemanapun karna bentuk nya yang besar dan di sertai kabel penghubung. Oleh
karena itu handphone banyak dipilih oleh masyarakat karena faktor efisiensi
mengingat bentuk handphone yang kecil serta dapat dibawa kemana saja dan fungsi
dari benda ini yang dapat menjadi alat komunikasi dengan orang orang di sekitar
kita tanpa menggunakan kabel dan ini menjadi salah satu faktor masyarakat
menggunakan handphone sebagai alat komunikasi.
- Distribusi
Jika dahulu pendistribusian produk menjadi
masalah untuk produsen karena letak distributor yang berada di tempat yang jauh
serta langkanya distributor di dekat daerah pemasaran sekarang tidak berlaku
lagi. Banyak distributor handphone yang bermunculan di sekitar kota atau bahkan
muncul di dalam kota dengan disertai jumlah distributor yang banyak membuat
pengiriman produk handphone ini menjadi cepat dan mudah, hal ini dapat juga
menekan biaya produksi yangdapat berpengaruh terhadap harga yang menjadi lebih murah.
Masalah distribusi kini bukan masalah lagi mengingat banyaknya distributor dan
tempatnya yang berdekatan dengan kota.
Faktor penghambat
Disamping dari
faktor pendukung pemenuhan kebutuhan handphone ada juga faktor yang
menghambatnya antara lain:
- Persaingan
Beberapa tahun
ini kebutuhan masyarakat akan produk handphone sangatlah tinggi, hal ini bisa
dilihat para produsen handphone baru dan dijadikan lahan untuk memproduksi
handphone yang menawarkan kecanggihan pada berbagai macam produk handphone yang
akan bersaing di pasaran.banyak produsen handphone yang selalu mengembangkan
produk yang lebih canggih dan harga lebih murah dari pada pesaing nya. hal itu
dilakukan untuk menarik pelanggan karena pelanggan mudah tergiur dengan harga
yang murah dan fitur bagus, hal ini membuat persaingan antar produsen handphone
semakin ketat lagi, dalam persaingan yang ketat produsen handphone lama – lama
akan kehabisan pasar. Persaingan yang ketat akan menghambat penjualan terhadap
produk handphone ini.
- Faktor produksi dari luar negeri
Salah satu faktor
penghambat lainnya adalah faktor produksi handphone yang berasal dari luar negeri dapat
menghambat perkembangan industri handphone karena faktor produksi yang di
datangkan dari luar negeri pasti menelan biaya produksi yang lebih mahal dan
juga pengiriman faktor produksi yang berasal dari luar negeri akan menelan
waktu yang lama karena dikirm langsung dari negara yang memproduksinya. Hal ini
akan menyebabkan biaya produksi yang tinggi dan akan berpengaruh pada harga handphone
yang di jual ke pasaran. Handphone yang di jual ke pasar pasti dengan harga
yang tinggi, harga yang tinggi ini akan membuat para pelanggan enggan untuk
membeli produk handphone tersebut.
Dari
pernyataan - pernyataan dari tulisan di atas tentang proses pemenuhan kebutuhan
handphone ada satu kesimpulan yang dapat
kita ambil yaitu kebutuhan akan handphone di kota besar sangatlah tinggi. Bila
dilihat dari beberapa aspek handphone sangat diminati karena, fungsi dan
efisiensi nya untuk berkomunikasi jadi peran handphone untuk menjadi alat
komunikasi di kota besar seperti jakarta sangatlah vital bila dilihat dari
kebiasaan masyarakat kota besar yang menggunakan handphone untuk berhubungan
sehari hari dengan orang disekitar nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar