Minggu, 12 Oktober 2014

CONTOH PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN BISNIS DENGAN BERETIKA DAN CONTOH PERUSAHAAN YANG BERBISNIS TANPA ETIKA

Nama          : Arif Kurniawan
NPM           : 11211137
Kelas           : 4EA21

1.      Contoh Perusahaan Yang Melakukan Bisnis Dengan Beretika
Perusahaan asing yang sukses di Amerika karena selalu senantiasa menerapkan Etika Bisnis, yaitu Johnson & Johnson (J&J). Pada tahun 1982 J&J mendapatkan kasus dikarenakan produk mereka Tylenol telah membunuh 7 orang di Chicago setelah dikonsumsi. Penelitianpun dilakukan dan didapati bahwa Tylenol mengandung zat yang sangat berbahaya, yaitu racun Sianida.
Meskipun penyelidikan masih dilakukan, namun J&J sebagi pihak yang bertanggung jawab langsung menarik 31 Juta Botol Tylenol dipasaran dan mengumukakan kepada masyarakat agar untuk saat ini tidak mengkonsumsi produk tersebut hingga produk tersebut benar-benar dinyatakan aman. J&J bekerja sama dengan Polisi, FBI dan FDA melakukan penyelidikan dan kemudian didapatkan hasil bahwa racun Sianida yang ada didalam botol Sylenol yang telah menewaskan 7 orang di Chicago itu dikarenakan ada pihak lain yang memasukkannya. Jadi, racun tersebut bukan berasal dari produk J&J.
Biaya yang dikeluarkan oleh J&J untuk menangani kasus ini tidak sedikit, yaitu 100 Juta Dolar. Namun dari tindakan yang beretika yang ditunjukkan oleh J&J ini reputasi perusahaan ini semakin bagus dan masih dipercaya hingga saat ini. Tylenol kembali diluncurkan di Masyarakan dengan memodifikasi tutup botol yang lebih aman dan berhasil menjadi Top Produk di Amerika Serikat.
Ulasan dan komentar :
Tindakan yang dilakukan perusahaan J&J yang mengutamakan keselamatan konsumen merupakan pilihan utama dalam semua tindakan yang dilakukan oleh J&J. menggunakan etika dalam berbisnis seperti mengutamakan keselamatan konsumen harus dicontoh oleh perusahaan lain. Dengan menjaga etika dalam berbisnis perusahaanpun dapat membangun citra positifnya di masyarakat Hingga akhirnya, Konsumenpun memandang J&J sebagai perusahaan yang memiliki Kredibilitas Tinggi dan Bisa dipercaya untuk jangka Panjang.

2.      Contoh Perusahaan Yang Berbisnis Tanpa Etika
sebuah perusahaan yang merupakan suplier resmi dari Petronas melakukan kecurangan bisnis dengan mengoplos solar menjadi minyak tanah dan menjualnya kepada masyarakat. Hal ini tentu menjelekkan nama baik Petronas. Selain itu hal ini juga menyebabkan konsumen Petronas tidak percaya lagi dengan produk-produk Petronas.
Ulasan dan komentar :

bahwa banyak tindakan menyimpang yang dilakukan oleh pebisnis, baik kecil maupun besar, untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda tanpa memikirkan efek negatif yang akan terjadi. Hal ini pada akhirnya hanya akan memyebabkan kerugian pada konsumen, juga pada perusahaan itu sendiri. Kepercayaan yang diberikan konsumen kepada perusahaan tersebut akan hilang dan sebagai seorang pelaku bisnis  kita harus memperhatikan etika – etika yang ada dalam suatu bisnis. etika bisnis dalam perusahaan dirasa  sangat penting  Karena dengan adanya aturan –  aturan tersebut, diharapkan dapat membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi  serta mempunyai landasan yang kokoh dan mampuh mengatasi segala permasalahan yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Biasanya dimulai dari perencanaan strategis , organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal, etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekwen.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar